Ini Dia 5 Cara agar Dompet Kulit Awet dan Tampak Bagus

Sejak dahulu dompet kulit sudah banyak digunakan terutama oleh orang orang tua. Namun saat ini produk dari olahan kulit ini juga mulai digunakan oleh para remaja karena modelnya yang tidak pernah ketinggalan zaman dan menimbulkan kesan elegan dan mewah. Produk leather good terutama yang handmade saat ini banyak diburu oleh para penyuka dompet kulit.

Dompet merupakan benda yang sangat dibutuhkan seseorang dan pasti digunakan setiap hari. Oleh karena itu dompet diharapkan selalu awet dan kuat. Dompet yang kuat dan awet bisa didapatkan dari dompet yang bahan bakunya berasal dari kulit asli.

Dompet dari kulit asli dapat dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama. Walaupun terkenal akan kekuatan dan keawetannya, dompet kulit juga bisa saja rusak jika penggunaan dan perawatannya tidak benar.

Perawatan produk kulit adalah faktor paling utama jika ingin merasakan keawetan dan kekuatan suatu produk kulit. Awet dan kuat tidaknya suatu produk kulit tergantung dari cara Anda merawatnya. Apabila Anda melakukan perawan degan benar maka produk kulit akan semakin awet dan kuat.

Namun apabila salah dalam merawatnya produk kulitmu akan berkurang umurnya dan menjadi cepat rusak. Berikut ini beberapa cara agar dompet kulit dapat awet dan tahan lama.

1. Simpan di Tempat Yang Sejuk dan Teduh

Dompet kulit terkadang tidak bisa digunakan setiap saat, mengingat dompet kulit juga tidak tahan terhadap semua kondisi cuaca. Saat kamu terpaksa harus menyimpan produk kulit, kamu tentu saja tidak menginginkan ketika akan memakai dompet kulitmu kembali kamu menemukan dompet kulitmu dalam keadaan rusak. Sehingga kamu juga harus menyimpan dompet kulitmu dengan benar.

Kamu harus memastikan menyimpan dompet kulitmu ditempat yang sejuk dan teduh. Tempat tempat seperti kardus atau lemari cocok sebagai tempat menyimpan dompet kulitmu. Dompet kulitmu harus disimpan ditempat yang sejuk dan teduh karena produk kulit memang sangat sensitif terhadap suhu dan kelembaban udara.

Apabila disimpan di tempat yang terlalu kering, misalnya pada tempat yang terpapar sinar matahari langsung, produk kulit biasanya akan kehilangan kelembaban alaminya sehingga kulit akan kering, rapuh, dan akhirnya mengelupas. Begitu pula jika disimpan di tempat yang terlalu lembab produk kulit akan cepat berjamur dan rusak.

2. Jaga agar Tetap Kering

Jagalah dompet kulit dari air karena air akan cepat merusak kulit. Produk kulit yang terkena air akan membuat warnanya pudar bahkan air dapat membuat suasana sekitar menjadi lembab sehingga memicu timbulnya jamur yang tentu saja mengganggu tampilan dompet kulit.

Kamu harus memperhatikan kemana kamu pergi jika membawa dompet kulit, jika kamu pergi berpetualang ke tempat tempat yang kemungkinan membuatmu basah seperti berpetualang ke gunung atau ke pantai, ada baiknya jika kamu meninggalkan dompet kulitmu di rumah.

Menjaga dompet agar tetap kering dapat menjaga dompet kulit selalu tampil elegan dan mewah serta keawetan dan kekuatannya semakin bertambah.

3. Perhatikan Isi Dompet

Bentuk dari dompet kulit harus kamu jaga setiap saat, baik saat penggunaannya maupun saat menyimpannya. Dompet kulit telah didesain dengan presisi agar dapat berfungsi dengan baik serta tetap mempertahankan nilai nilai estetikanya. Oleh karena itu kamu harus memperhatikan isi dompetmu agar estetika dan presisinya terjaga.

Selalu pastikan kamu mengisi dompetmu setiap saat, tetapi juga jangan mengisinya dengan terlalu penuh seperti kebiasaan seorang pria pada umumnya karena hal ini akan mengakibatkan dompet kulitmu menjadi menggembung dan susah untuk kembali seperti semula.

Saat menyimpan dompet kulit, sebaiknya dompet kulit jangan dibiarkan kosong, isi dompet kulit dengan silika gel agar bentuk sekaligus kelembabannya selalu terjaga. Namun jika tidak punya silika gel, kamu dapat mengisi dompet kulitmu dengan kertas atau koran, intinya jangan biarkan dompetmu kosong.

4. Hilangkan Kerut dengan Setrika

Kerutan sering kali timbul saat kita memakai produk dari kulit terutama pada dompet. Kerutan itu biasanya dapat hilang dengan sendirinya meskipun waktu yang dibutuhkannya relatif cukup lama. Namun ada cara yang lebih cepat agar dompet kulitmu terbebas dari kerutan.

Cara itu adalah dengan menyetrikanya, tentu saja tidak boleh asal menyetrika dompet kulitmu jika tidak mau dompet kulit kesayanganmu rusak. Kamu harus menyetel temperatur setrika yang sesuai dengan bahan kain rayo.

Kemudian kamu juga harus memberi alas dengan kertas coklat sebelum mulai menyetrika agar panas dari setrika tidak langsung terkena kulit. Setelah semua telah siap kamu bisa menyetrika dompet kulitmu, dan akan membuat kerutan yang ada hilang seketika.

5. Hilangkan Noda dengan Baby Oil

Terkena noda atau kotoran biasanya menjadi momok yang menakutkan bagi para pengguna produk kulit. Saat memakai dompet misalnya, kita tentu tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi dengan dompet kulit kita, bisa saja tanpa sengaja terkena noda dari kuah makanan, saus, atau kecap.

Menjaga dompet agar selalu terbebas dari noda adalah suatu tugas yang cukup berat. Belum lagi jika terpaksa dompetmu terkena noda, kamu akan bingung bagaimana membersihkannya dengan benar.

Cara pertama yang paling mudah adalah bawa saja dompet kulitmu ke toko atau ke tempat orang yang ahli membersihkan produk kulit, kamu hanya perlu menunggu dan membayar saja tanpa khawatir produk kulitmu rusak karena ditangani oleh para ahli.

Cara kedua kamu bisa memanfaatkan baby oil untuk membersihkan noda tersebut. Kamu hanya perlu mengoleskan baby oil pada bagian yang terkena noda, kemudian usap dengan kain halus secara perlahan hingga noda menghilang, usahakan mengusapnya dengan hati-hati dan mengikuti serat dari kulit tersebut.

Setelah selesai kamu harus membersihkan sisa baby oil yang ada dengan tisu atau lap kering. Cara ini cukup praktis dan murah tetapi ada yang perlu diingat bahwa cara ini hanya boleh dilakukan beberapa tahun sekali saja agar kulit tidak kering dan terkelupas.

Merawat dompet kulit memang tidak bisa dibilang mudah dan praktis. Namun jika kamu merawatnya dengan benar, kamu akan merasakan manfaatnya seperti bertambah awet dan elegannya dompet kulitmu.

Leave a Comment

%d bloggers like this: