4 Cara Merawat Produk Kulit Asli Agar Tahan Lama

Membeli produk kulit asli merupakan sebuah investasi bagi beberapa orang. Produk kulit apalagi handmade banyak disukai orang karena mampu menampilkan kesan yang elegan bagi pemakainya. Selain itu kekuatannya dan ketahanannya terkenal sangat baik.

Oleh karena itu ketika kamu membeli produk kulit asli, kamu tidak perlu untuk pusing pusing mencari barang baru lagi, apalagi kesan vintage dan elegan yang ditimbulkan ketika produk kulit semakin lama dipakai membuat seseorang menjadi lebih senang memakainya.

Meski begitu, produk kulit tetap membutuhkan perawatan agar tampilan serta ketahanan dan kekuatannya terjaga. Produk kulit asli yang tidak dirawat tentu saja akan lebih mudah rusak, meskipun harganya mahal.

Jika sudah rusak, kamu akan rugi karna harga produk kulit tergolong tidak murah dan kamu sudah tidak bisa mendapatkan penampilan yang maksimal lagi dari produk kulitmu. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara merawat produk kulit asli dengan murah dan mudah.

1. Baca Instruksi dari Produk Kulitmu Terlebih Dahulu

Membaca tablet

Membaca serta memahami berbagai instruksi, larangan, dan aturan dari suatu produk sangat penting. Karena bisa saja tips dan trik yang ada di bawah tidak sesuai dengan produkmu. Suatu produk kulit biasanya memiliki instruksi, larangan, atau aturan khusus yang berbeda beda, tergantung pada jenis kulit dan dari bahan apa kulit itu dibuat.

Jadi kamu harus memahami produkmu dahulu sebelum melakukan tips dan trik di bawah ini agar kamu tidak menyesal apabila salah melakukan instruksi dan membuat produk kulit kesayanganmu rusak.

Cara paling mudah untuk mengetahui instruksi produk kulit adalah dengan bertanya langsung ketika kamu hendak membeli suatu produk kulit. Jika kamu membeli produk kulit secara online, kamu bisa melihat deskripsi produk yang ingin kamu beli dan tentu saja pastikan terlebih dahulu produk kulit yang ingin kamu beli itu asli.

Adapula beberapa produk yang mencantumkan instruksi produknya dalam label khusus berbentuk simbol simbol atau ada pula yang menyertakan lembaran khusus berisi instruksi produk dalam kemasannya.

2. Cara Menyimpan Produk Kulitmu Agar Awet

Menyimpan sepatu

Penyimpanan produk kulit juga harus dipertahitan, agar barang-barang berbahan kulit milik kamu lebih tahan lama.

Suhu Ideal Harus Dijaga Ketika Menyimpan Produk Kulitmu

Suhu adalah faktor yang sangat penting dan mendasar ketika kamu ingin menyimpan produk kulitmu karena produk kulit cukup sensitif terhadap cuaca. Jika saat musim hujan, suhu udara menjadi lebih dingin dan lembab. Kondisi ini dapat memicu tumbuhnya jamur dan membuat produk kulitmu cepat lapuk.

Kemudian jika produk kulitmu terpaksa harus terkena air karna hujan atau lainnya, jangan sekali kali menyimpan produk kulitmu dalam keadaan basah, keringkan terlebih dahulu dengan diangin anginkan atau dilap dengan kain yang halus sebelum disimpan.

Setelah itu jangan menyimpan produk kulitmu dibawah matahari langsung karena akan membuat produk kulitmu pecah pecah. Jadi suhu ideal untuk menyimpan produk kulitmu adalah ditempat yang kering, tidak lembab dan tidak terkena cahaya matahari langsung.

Sirkulasi Udara Harus Diperhatikan

Simpanlah produk kulitmu di lemari atau di kotak sepatu, hal ini untuk menjaga keawetan produk kulitmu karena di tempat tempat itu memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu kamu juga bisa menambahkan silica gel ketika menyimpan produk kulitmu agar lebih awet lagi.

Kamu juga tidak boleh meletakkan benda benda seperti kapur barus, pewangi lemari, atau benda benda lain yang berbau kuat, hal ini untuk mengindari produk kulitmu terpapar bau bau dari benda itu.

Simpanlah dengan Tetap Mempertahankan Bentuk Aslinya

Kamu tentu saja tidak menginginkan produk kulitmu berubah bentuk, misalnya sepatu atau tas kulit yang awalnya terlihat keren berubah menjadi berbentuk aneh dan tidak enak dipandang.

Memang produk kulit bisa berubah seusai dengan bagaimana pemakai memakai produk kulitnya, tetapi perubahan akibat pemakain akan justru menimbulkan kesan yang khas dan akan menambah nilai keunikan produk kulitmu. Tetapi beda halnya jika produk kulitmu berubah karena kamu salah menyimpan produk kulitmu.

Produk kulit seperti sepatu dan tas sebaiknya diberi isian seperti kertas atau koran agar volume didalam sepatu atau tas tetap sama seperti pertama dibeli. Jika tidak produk tas atau sepatu kulitmu menjadi terligat gepeng dan tidak enak dilihat.

Kemudian produk jaket juga jangan disimpan dalam keadaan dilipat, tetepi sebaiknya disimpan dalam keadaan digantung dengan penganntung pakaian. Dengan begitu jaket kulitmu akan tetap dalam bentuk yang baik. Jika disimpan dalam keadaan terlipat, produk jaket kulitmu akan menghasilkan bekas lipatan yang menganggu penampilanmu.

3. Cara Membersihkan Produk Kulitmu

Merawat sepatu kulit

Ketika produk kulit kotor, kita tidak boleh sembarangan membersihkannya, ada cara agar produk tersebut lebih terjaga keawetannya.

Segera Bersihkan Noda yang Ada

Jangan pernah menunda membersihkan noda pada produk kulitmu karna jika noda tersebut terlambat dibersihkan, akan membuat bekas pada produk kulitmu sehingga menimbulkan kesan yang buruk ketika dipakai. Oleh karena itu, kamu harus segera membersihkan noda pada produk kulitmu.

Sebenarnya membersihkan noda pada produk kulit tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu membersihkan noda pada produk kulitmu dengan lap lembut yang basah kemudian keringkan dengan kain kering atau dengan mengangin anginkannya hingga kering. Jangan keringkan produk kulitmu dengan sinar matahari langsung karena justru akan merusak produk kulitmu.

Cuci dengan Alat yang Tepat

Jangan samakan produk kulitmu dengan pakaian atau celana biasamu. Jangan guanakan mesin cuci dan deterjen pakaian apalagi hingga mengucek atau menyikat produk kulitmu jika tidak ingin produk kulitmu rusak. Jika kamu ingin mencuci produk kulitmu, sebaiknya gunakan bahan bahan yang lembut seperti sabun atau shampo bayi atau sabun cuci piring.

Selanjutnya kamu bisa mencampur deterjen/sabun dengan air dengan perbandingan 1:8, lalu gunakan kain yang lembut dan basahi dengan campuran cairan ppembersih yang telah kamu buat tadi untuk membersihkan produk kulitmu mengikuti serat kulitnya. Setelah itu angkat sisa sabun dan air menggunakan kain lembut dan kering. Terakhir tinggal diangin anginkan saja sampai produk kulitmu benar benar kering.

4. Tips dan Trik Lain

Jaket kulit

Berikut ini ada tips lain yang harus kamu perhatikan agar produk kulit yang kamu miliki umurnya lebih panjang.

Produk Kulit Sangat Sensitif Terhadap Air

Air bisa membuat produk kulitmu lembab dan akhirnya berjamur dan lapuk. Apalagi jika terkena air yang kotor seperti genangan air huja di jalan, kuah makanan, atau minuman. Noda yang tertinggal tentu saja akan membuat produk kulitmu terlihat jelek. Oleh karena itu saat ini sudah banyak tersedia produk produk semprotan anti air yang banyak dijual dipasaran.

Semprotan anti air ini biasanya terbuat dari polimer akrilik atau polimer silikon. Penggunaanya pun cukup mudah, hanya dengan menyemprotkan cairan silikon atau akrilik di permukaan produk kulitmu dan produk kulitmu berubah menjadi produk yang anti air.

Semprotan anti air ini akan menjaga produk kulitmu menjadi anti air dan terjaga kondisinya tetap baik. Semprotan anti air ini juga harganya relatif murah tetapi efek yang ditimbulkan sangat bermanfaat. Namun terdapat pula kekurangannya, yaitu produk semprotan anti air ini tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama, sehingga harus di semprot ulang setiap beberapa bulan.

Bahan Alami adalah Bahan Terbaik untuk Produk Kulitmu

Minyak kelapa atau minyak zaitun dapat membuat produk kulitmu menjadi lebih lembut dan terlihat mengkilap. Caranya pun cukup mudah, yaitu hany dengan menuangkan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitu ke kain yang lembut kemudian gosokkan pada seluruh permukaan kulit produk kulitmu, dan produk kulitmu akan menjadi lebih lembut dan terlihat lebih mengkilat.

Leave a Comment

%d bloggers like this: